Cerdik Dalam Memilih Jasa Konsultan SEO

“Jadikan web Anda sebagai trendsetter di Google dan Yahoo! Hanya Rp50.000,00 saja (life-time ever!!!)”


            Marketing statement diatas bukanlah hal baru dan sering kita baca saat mencari jasa konsultasi SEO. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kecewa karena merasa tertipu karena uangnya yang hanya Rp50.000,00 hilang. Memang jumlah uang yang sedikit, tapi jika dibandingkan dengan waktu dan tenaga yang terbuang percuma  karena menggunakan jasa konsultan SEO yang amatir, tentu saja memberikan kerugian tersendiri.
Di bawah ini disajikan beberapa trik cerdik dalam memilih jasa konsultan SEO:

1.     Konsultan SEO punya website yang telah di SEO-kan
Sebelum menjadi konsultan SEO, tentu saja mereka juga memiliki website sendiri. Anda bisa melakukan penilaian apakah konsultan SEO tersebut bisa dipercaya untuk menangani proyek website Anda sejauh si konsultan telah membuktikan rekam karirnya. Dalam arti, konsultan SEO juga memiliki website yang telah ter-SEOkan alias websitenya menjadi salah satu trendsetter di search engine.

2.      Tidak semua situs bisa di SEO-kan
Konsultan yang pro adalah ketika mereka melakukan analisa dan peninjauan terhadap proyek websitenya tersebut. Ada kasus-kasus tertentu yang muncul dimana tidak semua situs bisa di SEO-kan. Tetapi, demi mengejar uang, para konsultan SEO yang tidak pro akan menyanggupi proyek yang Anda tawarkan meskipun ia mengetahui situs Anda tidak bisa di SEO-kan. Konsultan SEO yang baik adalah ketika mereka menyatakan apa adanya tentang kondisi situs Anda apakah bisa dilakukan SEO atau tidak.

3.     Harga = (Tidak Selalu) Kualitas
Dari level pebisnis hingga awam pun pasti akan mencari sesuatu yang memilki harga yang murah dengan kualitas yang terbaik. Tapi, tidak di dalam dunia per-SEO-an. Harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Harga jasa konsultas murah memang tidak bisa menjaminkan kualitasnya baik. Begitu pula sebaliknya, harga yang terlalu mahal pun tidak worthieduntuk dijadikan konsultan. Harga normal dari jasa SEO itu sendiri kurang lebih 70$ - 200$ dengan paket jasa berupa layanan SEO dan layanan jasa audit situs.

4.      Follow Up langsung
Seorang konsultan SEO yang bisa diajak ke dalam suatu proyek adalah mereka yang mau dan mampu melaporkan perkembangan website proyeknya. Meskipun kadang ada pebisnis yang ‘hanya mau tahu jadi saja’, para konsultan ini tetap konsisten memberitahukan hasilnya kepada klien mereka. Terlebih jika situs tersebut mengalami kasus-kasus seperti kerusakan jaringan situs ataupun situs tersebut tidak bisa di SEO-kan
Anda perlu memilih konsultan yang mau secara konsisten melaporkan hasil kerjanya kepada Anda meskipun Anda hanya ingin terima jadinya saja. 

5.      Tidak langgar ‘Google Policy’
Konsultan yang baik adalah konsultan SEO berjenis white hat. Mereka ini tidak akan melanggar aturan yang diterapkan oleh sistem logaritma Google dengan menggunakan tools-toolsyang bisa merugikan pihak lain. Konsultan SEO berjenis White Hat mampu mengoptimasi situs kliennya dengan benar dan menggunakan tools organik yang tentu saja legal.

           Tetap waspada sebelum Anda memutuskan untuk mengadakan transaksi dengan para konsultan tersebut sehingga Anda tidak kecewa di belakang. Pergunakan mesin pencari di internet untuk menemukan konsultan yang pro dan memiliki integritas yang tinggi pula.
Selamat mencoba!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi

Cara Cerdas Memilih Jasa Konsultan SEO



Sudah menjadi rahasia umum bahwa Search Engine Optimization merupakan salah satu jalan agar website Anda menjadi ‘The Best di berbagai Search Engine. Begitu juga dengan jasa konsultan SEO yang kian berjamur. Anda dengan mudah bisa memperoleh keterangan tentang jasa konsultasi SEO di internet. Tentu saja, berbagai macam tawaran harga, pilihan jasa dan apapun itu ditawari secara persuasif oleh para konsultan sehingga mereka mendapatkan klien. Jangan sampai terlena dengan berbagai tawaran yang diberikan. Sikap kritis tentu saja diperlukan sebelum Anda menggunakan jasa seorang konsultan SEO. Sebagai calon pengguna jasa, Anda harus cerdas dalam memilih jasa SEO. 

Ada beberapa cara cerdas yang bisa Anda gunakan sebelum menggunakan jasa konsultan SEO, antara lain :
  1. Kantor / Contact Person Harus Jelas,  Banyak penipuan di internet karena berawal dari ketidaktelitian kita sendiri. Salah satu cara untuk memastikan bahwa konsultan SEO itu benar seorang konsultan yang ‘pro’ dan bukan ‘abal-abalan’ bisa dibuktikan lewat kejelasan contact person. Di website tersebut harus tersedia nomor telepon dan atau e-mail yang aktif. Anda perlu melakukan kontak secara langsung dengan pihak tersebut.  

    Namun, kontak pun belum bisa memastikan bahwa ia merupakan seorang konsultan SEO. Sangat disarankan mencari konsultan SEO yang berdomisili di daerah Anda sehingga Anda bisa bertemu langsung dengan calon konsultan Anda (COD). Selain itu, meskipun bukan cara yang terlalu efektif, pilihlah konsultan SEO yang berdomisili di kota-kota besar. Secara logika sederhana, teknologi informasi khususnya dunia internet akan jauh lebih berkembang di kota-kota besar dibandingkan dengan kota kecil (meski tidak selamanya seperti itu). Dengan demikian konsultan SEO di kota besar bisa lebih ‘mumpuni’ dibandingkan konsultan SEO di kota kecil (tapi sekali lagi, itu bukan suatu tolak ukur akan kompetensi dari si konsultan).

  2. Penawaran Harga Kompetitif, Harga terlalu tinggi menjadi suatu kendala bagi kita dalam menggunakan jasa konsultan SEO sekalipun ia memang ‘pro’. Tapi, harga terlalu rendah juga perlu diwaspadai untuk menghindari konsultan ‘abal-abalan’ yang masih amatir namun sudah mengaku sebagai pro. Anda harus mencari pasaran harga. Pasaran harga SEO yang berkembang di Indonesia sekitar 70$ - 200$ per proyek. Namun, seiring perkembangan waktu, harga tersebut bisa saja bersifat fluktuatif.

    Carilah beberapa pilihan konsultan termasuk membandingkan antara harganya dengan layanan apa saja yang Anda peroleh dengan suatu nominal tertentu. Pilihlah konsultan yang menawarkan harga kompetitif dengan pelayanan yang maksimal.

  3. Jangan Tergiur Testimoni Website, Salah satu modus yang digunakan semua perusahaan termasuk penyedia jasa konsultasi SEO adalah dengan menampilkan testimoni dari para ‘pelanggannya’. Testimoni ini sangat berguna untuk meningkatkan trust dari para calon customer sehingga memilih menggunakan jasa si konsultan tersebut.

    Anda perlu berhati-hati, karena sangat mudah memberikan box comments dalam suatu website. Meskipun di dalam testimoni tersebut terdapat foto sehingga kelihatannya begitu meyakinkan, Anda tetap perlu waspada. Jangan fokuskan perhatian dan penilaian Anda pada testimoni tersebut, tapi pada portofolio konsultan tersebut (akan dijelaskan di bagian berikutnya).

  4. Layanan Yang Ditawarkan, Pada umumnya, seorang penyedia jasa konsultan SEO hanya akan memberikan layanan peningkatan trend website Anda. Tapi, ada beberapa konsultan SEO yang menawarkan paket pilihan jasa lainnya. Antara lain selain meningkatkan traficsitus, si konsultan juga menawarkan jasa audit situs. Dalam arti, situs Anda akan diberi masukan seharusnya seperti apa, termasuk memberikan konsep sehingga situs Anda menjadi lebih menarik. Konsultan SEO seperti ini bisa menjadi salah satu referensi pada saat Anda akan menentukan jasa konsultasi SEO. Tetapi, tetap diingat, Anda harus melakukan survei pasar untuk mengetahui harga pasaran jasa konsultasi SEO tersebut. 

  5. Jangan Percaya Garansi 100%
    Meskipun dikatakan garansi 100%, janganlah mudah percaya. Itu hanya menjadi salah satu jargon menarik di dunia marketing untuk menarik customer atau klien. Tetap Anda harus kritis dengan melihat portofolio yang ditampilkan calon konsultan SEO tersebut.

Cerdaslah sebelum Anda memilih konsultan SEO. Anda salah dalam memilih, bukan hanya kerugian di bidang finansial, tetapi juga di waktu dan tenaga yang terbuang untuk mengurusi konsultan SEO yang kurang profesional tersebut. 

Semoga Bermanfaat!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi


Waspadai Konsultan SEO Palsu

Search Engine Optimization (SEO) menjadi suatu trend tersendiri khususnya bagi blogger, hingga para pebisnis. SEO bisa digunakan untuk mengoptimalkan situs menjadi ‘Top Ten’ di berbagai mesin pencari seperti Google dan Yahoo! Dengan demikian, baik situs pribadi maupun korporate bisa menjadi ‘lebih dikenal’ oleh para pengguna internet, dan mampu meningkatkan omzet penjualan secara tidak langsung bagi para korporate. 

     Seiring perkembangan SEO, berbagai aktor yang menamakan diri konsultan SEO pun bermunculan. Tentu saja, hal ini dilatarbelakangi karena SEO adalah tambang emas segar yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu profesi. Meningkatnya peminatan baik dari para blogger maupun perusahaan terhadap SEO, meningkat pula berbagai orang yang menawarkan diri menjadi konsultan SEO. 

     Banyaknya para konsultan SEO bukan berarti menjadi hal yang selalu positif bagi para pencari jasa konsultan. Inilah yang kemudian wajib diwaspadai oleh para pengguna jasa terutama terkait dengan transaksi jual beli jasa konsultan tersebut. Ada dua kemungkinan yang perlu diwaspadai terhadap para konsultan SEO tersebut. 


  • Pertama, waspadalah pada para konsultan SEO ‘ndeso’ yang masih amatir. Secara knowledgedasar mungkin para SEO ini sudah bisa melakukan proses SEO secara sederhana. Akan tetapi, belum tentu ia mampu optimal dalam mengerjakannya. Biasanya mereka akan menawarkan harga murah (dan tentu saja), serta akan ditambahkan ‘embel-embel’ mereka adalah kaum profesional yang mampu meningkatkan rating situs Anda. Dari segi harga, siapa yang tidak tertarik untuk memanfaatkan jasa SEO yang menawarkan harga sedemikian murah? Namun, apa dampak yang akan Anda dapatkan? Ada dua hal yang kemudian memberikan kerugian bagi Anda, antara lain meskipun biayanya tergolong kecil, Anda sudah menginvestasikan sejumlah uang Anda ke konsultan yang tidak bisa memberikan hasil optimal. Dengan demikian, ujung-ujungnya Anda pun yang rugi baik dari sisi finansial maupun waktu. Yang kedua adalah, resiko rusaknya website Anda sendiri. Jika Anda akan mengoptimalkan situs dengan menggunakan SEO, pasti ada beberapa resiko yang mungkin saja muncul, salah satunya yaitu gangguan pada situs Anda sendiri. Nah, inilah yang harus diwaspadai bagi para penawar jasa konsultan SEO amatir. Mereka mungkin saja bisa melakukan proses SEO tapi tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan dalam website Anda tersebut. 
  • Kedua, jika Anda menggunakan jasa konsultan SEO yang ‘pro’ dan sebaliknya dunia SEO adalah hal baru bagi Anda, waspadalah! Kita tidak bisa meragukan kelihaian para pro SEO dalam menangani website Anda. Tapi, kita perlu berhati-hati, jika integritas dari konsultan tersebut rendah. Sebagai contoh nyata, jika Anda kurang paham tentang dunia SEO termasuk harga pasaran jasa SEO pada umumnya, bisa saja Anda dimanfaatkan olehnya. Anda ditawari sejumlah harga konsultasi selangit namun Anda hanya mendapatkan beberapa fitur saja. 


Sebaiknya, sebelum menyewa jasa konsultan SEO, Anda wajib membekali diri tentang pengetahuan yang memadai tentang SEO. Manfaatkanlah fasilitas mesin pencari Google dan atau Yahoo! Untuk mencari segala seluk beluk tentang SEO. Termasuk, Anda perlu mencari harga pasaran jasa seorang SEO tersebut sebelum mengadakan transaksi.Cari juga tentang portofolio si konsultan tersebut. Jika perlu, cari pula nomor telepon atau e-mail yang bisa dihubungi untuk memastikan kejelasan si konsultan. Perbanyak pula bertanya kepada para kolega atau melakukan blog-walkingserta masuk ke berbagai situs sharingseperti kaskus, dan sebagainya. Hal ini sangat berguna bagi Anda untuk membekali diri Anda sebelum melakukan penyewaan jasa konsultan SEO. Bijaklah sebelum menggunakan jasa konsultan SEO!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi

Prospek Cerah di Internet dengan SEO

Saat kita memiliki suatu usaha kecil-kecilan di ruko, dan pada suau titik tertentu usaha Anda hampir mendekati kata “Bangkrut”. Sementara Anda masih memiliki tanggungan bulanan untuk membayar sewa di ruko tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Menyerah dengan gulung tikar usaha tersebut? Atau mencari alternatif lain dengan pasaran yang lebig luas? Tentu saja pilihan kedua solusinya.



Kalau misal usaha  bisnis Anda dulu memiliki ditribusi yang baru bisa menjangkau lingkup dalam kota, dengan Internet antar negara bukanlah suatu hal yang mustahil. Cukup dengan membuat situs untu bisnis Anda dan mengoptimalkannnya dengan SEO. Beberapa tahun ini SEO seolah menjadi jalan singkat melejitkan usaha pemilik bisnis di Internet. SEO merupakan suatu upaya dan teknik strategi  menaikkan kemampuan trafik sebuah situs internet  supaya memiliki ranking website  sampai dengan halaman pertama  mesin browser (Seperti Google, Yahoo dan Bing) untuk beberapa keyword/kata kunci khusus  yang kita inginkan.

Jika Anda ingin menggunakan SEO untuk website Anda, pertama kali adalah wajib mengetahui terlebih dahulu kata kunci yang ingin Anda targetkan, maka ketika ada pengguna internet yang mengetikkan keyword tersebut website Anda bisa ditampilakan pada halaman pertama di browser. Kalau untuk pertama kalinya Anda masih belum paham, cari saja di Google tentang seluk beluk dan potensi SEO yang menjanjikan bagi bisnis Anda. 

Sekitar 90% pengguna internet memilih Google untuk memilih produk, suatu jasa, ataupun informasi yang sedang up to date di dunia maya. Hal ini penting sekali bagi situs Anda untuk muncul pada halaman pertama mesin pencari. Mudahnya, ketika semakin awal urutan sebuah situs ditampilkan pada browes pencarian, maka pengguna internet akan langsung mengunjungi situs dengan prioritas halaman awal.



Lazimnya pengunjung dunia maya adalah mereka, orang-orang  yang sedang mencari referensi produk, suatu jasa yang menggunakan  Google sebagai pilihan awal. Apalagi mereka sedang butuh.  Maka dengan mendapatkan kesempatan yang besar ini, Anda bisa mendapatkan calon pembeli maupun kolega bisnis yang sangat potensial bagi masa depan bisnis Anda. Belum cukup sampai di sini, SEO dengan waktu kerja layaknya sales 24 jam nonstop bekerja untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi merepotkan diri mencari pelanggan bagi bisnis Anda.

Jejaring Sosial Sebagai Media Bisnis Online yang Potensial

Sekarang layanan internet seolah-olah bukan lagi kebutuhan  tersier. Sebagian orang sudah menganggapnya sebagi kebutuhan sekunder. Lazimnya kita menjumpainya di kota-kota besar. Saat kita hendak pergi ke suatu kota, mungkin berjalan kaki melewati suatu plaza, maupun kawasan bisnis terpadu,internet tidak lagi sebatas di Warnet(warung internet). Bayangkan. Saat kita sedang pergi liburan di kawasan tersebut, dan tiba-tiba bos melalui telepon minta hasil laporan penjualan bulan ini dan dikirmkan melalui email. Apakah lantas kita harus pergi ke warnet terdekat? Itu sangat merepotkan. 

Bar, café bahkan restaurant pun kini sudah banyak yang menyediakan layanan internet Wifi. Sehngga waktu liburan Anda tak menjadi masalah harus mengirimkan arsip melalui jaringan nirkabel. Bisa juga sambil menunggu makanan yang kita pesan siap disajikan, Anda bisa berkunjung ke situs media social. Ini sudah menjadi nyawa bagi pengguna internet sekarang. Rasanya kurang afdol kalau kita berselancar di dunia maya tanpa aktif di media social. Anda juga tidak perlu pergi jauh-jauh ke belahan dunia lain hanya untuk berkenalan bukan? Itulah solusi yang di tawarkan media social. 

Negara Indonesia dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar  245,5 juta jiwa orang, 54 juta diantaranya adalah penggna aktif internet. Dari angka tersebut 43 juta orang dintaranya memiliki akun facebook. Maka tak ayal jika Indonesia masuk dalam peringkat keempat negara dengan jumlah pemakai facebook terbesar di dunia. Masih kurang?  Tepat sekali. Sekitar 19 juta orang sisanya pengguna akun Twitter di Indonesia berhasil menempatkan diri menjadi peringkat kelima pengguna twitter di dunia. 

Ini merupak pijlakan awal bagi suatu perusahan bahkan usaha kecil menengah lainnya dalam mempromosikan suatu produk hingga jasa dengan akses media social. Anda tidak perlu lagi membayar uang sewa bulanan untuk promosi di media social. Cukup dengan akses internet, pembuatan situs yang berdaya jual tinggi, dan komitmen kepada pelanggan Anda untuk menyajikan produk yang terbaik. Hal ini telah dibuktikan dengan maraknya berbagai perusahaan yang telah menjalankan bisnis online dan beriklan di media social seperti Facebook dan Twitter. Selain efektif dan murah, melalui media social keterkaitan antara perusahan Anda dan klien menjadi lebih dekat. Karena dengan media social merupakan komunikasi 2 arah. Bukan tidak mungkin jika suatu usahan mikro yang melebarkan pasarnya melalui bisnis online, dapat bersaing layaknya label perusahaan besar lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah dan Anda akan tahu jawabannya.

Dua Cara Mengantisipasi Turunnya Nilai Jual Website Anda

Banyak sekali informasi di internet  mengenai cara optimalisasi mesin pencari (SEO) yang kadang justru membuat bingung para penggunanya. Tak ayal bukannya memberi solusi singkat  untuk memilah-milah apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, mereka-calon pengguna SEO seolah terjerumus pada penawaran menggiurkan mengenai profit yang diberikan. Naasnya lagi para pemberi jasa tutorial yang katanya ahli menjual tips dan "saran" secara online memberikan metode yang  benar-benar dapat menurunkan nilai jual website Sobat. 

Ketika Sobat mengelola SEO sendiri, dan  saat berusaha untuk membuat bisnis maupun website yang marketable, Sobat tidak hanya harus tahu mengenai taktik yang efektif tetapi juga harus tahu bahaya besar yang mengintai dibalik strategi SEO yang Sobat pasang. Bukannya untung besar yang didapat pada akhir, namun seolah-olah malah membunuh  website Sobat sendiri secara perlahan. Konten pada situs Sobat harus relevan dengan bisnis yang sedang Sobat kerjakan. Untuk memenangkan perdagangan dengan cara sehat, abaikan semua taktik licik dengan mempermainkan Algoritma Google. Jika secara peringkat pencarian situs Sobat buruk, maka otomatis pendatang/pengunjung situs Sobat akan menurun. Dengan menurunnya frekuensi pengunjung situs Sobat, bisa dipastikan konten yang Sobat tawarkan tak akan laku keras di pasaran.

Saya menegaskan dua hal besar  tentang praktek SEO yang dapat merusak peringkat pencarian website Sobat.
  • Yang pertama ialah,  memosting/menerbitkan konten yang tidak relevan.

Ketika  Sobat ingin membuat suatu konten untuk situs , Sobat hanya ingin konten tersebut terlihat relevan dan sesuai dengan bisnis yang sedang dikelola terhadap pelanggan, pengunjung, maupun produk Sobat. Sebagai contoh jika Sobat adalah penjual peralatan olah raga secara online, maka tak perlu Sobat memposting tentang busana pengantin. Maka  dari sudut pandang Google, situs peralatan olah raga online yang memilki konten busana pengantin terlihat membingunkan.

Seperti yang kita tahu Google sangat mengapresiasi user yang berpengalaman, dan Jika Sobat membuktikan hal tersebut kepada pelanggan, maka Google akan melihatnya sebagai suatu komitmen sehat dan sekaligus akan memberikan penghargaan terhadap situs Sobat. Jadi, ketika menulis konten pada situs bisnis Sobat, jagalah sudut pandang pikiran pelanggan Sobat agar tetap fokus dan betah pada saat mengunjungi situs.  Misalkan , jika Sobat memiliki bisnis penjualan ikan hias secara online di situs, dan kata kunci yang Sobat inginkan seputar  ”jual beli ikan hias air tawar”. Tetapi beberapa calon pembeli ingin lebih banyak tahu tentang ikan hias air tawar, bagaimana kondisi lingkungan yang cocok, bagaiamana ciri ikan yang sehat, bahkan sampai  berbagai macam jenis  makanan  yang cocok untuk beberapa ikan air tawar.

Ini merupakan suatu lahan yang menguntungkan untuk mendapatkan kesan yang baik dari pelanggan. Berangkat dari hal tersebut, mulailah berpikir tentang segala aspek kehidupan ikan hias air tawar yang memiliki hubungan dengan keinginan pelanggan Sobat dan membuat topik yang bermanfaat seputar hal tersebut. Hal Ini dapat membantu Sobat meraih peringkat untuk kata kunci yang dimiliki, sekaligus juga menunjukkan kepada Google bahwa situs Sobat memilki komitmen dan otoritas pada ikan hias air memang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Selanjutnya, yang kedua ialah Pemasangan Spam komentar.
Beberapa pemilik situs  usaha tak ingin ambil pusing memilih untuk membayar jasa di situs spam pada  internet dengan komentar yang menyertakan suatu link kembali ke situs web mereka. Sementara maksud sebenarnya ide Sobat adalah untuk menyebarkan luaskan link menuju situs Sobat pada situs lain yang relevan dan memiliki kesamaan  dengan bisnis Sobat. Tapi awas! Produk Sobat bisa jadi tercemar bila pelanggan maupun pengunjung melihat link tersebut terkait dengan spam, suatu komentar yang ditulis dengan buruk.

Hal  tersebut  berlaku juga terhadap komentar buruk pada situs Sobat sendiri. Jangan menyetujui semua komentar pada situs Sobat, tetapi hanya orang-orang yang membawa nilai nyata bagi pelanggan Sobat. Ini dapat membantu Sobat menjaga nilai komentar dan integritas situs Sobat.

Tips Cara Aman Dalam Ber-Transaksi Online

Kebutuhan hidup yang makin meningkat ditunjang dengan perkembangan teknologi membuat para konsumen makin kreatif dalam usaha pemenuhan kebutuhan tersebut. Salah satunya dengan berbelanja via online melalui toko dunia maya (online shop). ada beberapa alasan logis yang dikemukakan para online buyer untuk berbelanja melalui dunia maya tersebut. tentu saja, instant dan praktis merupakan alasan klasik mengapa online shop digandrungi oleh banyak kalangan. Selain itu, beberapa bank serta provider juga sudah menyiapkan segala kemudahan dalam bertransaksi seperti internet banking, token internet ataupun kartu kredit dan segala macam teknologi yang pada dulunya dianggap mustahil.

Pertanyaannya kemudian, Apakah aman atau tidak bertransaksi lewat dunia maya? 

Tampaknya jika pertanyaan itu dikemukakan maka jawabanya adalah fifty-fifty. Mengapa? Transaksi secara konvensional pun yaitu di dunia nyata pun tidak terhindar dari kata ‘aman’. Lalu, kemudian pertanyaan yang tepat sekiranya terhadap fenomena ini adalah,

Bagaimana agar kita bisa melakukan pembelian di dunia maya secara aman?

1. Contact Person
Periksalah apakah website atau situs penyedia barang atau jasa tersebut memiliki contact person. Contact person disini bisa saja berupa nomor telepon, ataupun e-mail. Tentu saja, jangan langsung melakukan transaksi. Anda perlu menghubungi nomor telepon di atas, tanyakan kejelasan perusahaan tersebut. Jika menggunakan e-mail, tunggu hingga e-mail dibalas. Tapi, bukan berarti jika Anda berhasil menghubungi contact person tersebut, sekonyong-konyong langsung melakukan transaksi. Jangan lupa, meskipun nomor tersebut bisa kita telepon, jangan langsung percaya. Ingat, lidah juga lebih tajam dari pedang.

2. Googling
Terima kasih kepada Larry dan Sergey yang telah menemukan Google karena tampaknya hampir semua hal di muka bumi, dalam bumi hingga luar bumi ini bisa ada. Kita mencari berat planet Venus saja ada di Google, apalagi informasi tentang website atau toko online tersebut. Jika tidak, memang tidak bisa serta merta dikatakan bahwa toko tersebut adalah fake. Mungkin saja ia tidak menggunakan fasilitas SEO. Tapi paling tidak, ada sedikit informasi terkait toko online tersebut. setelah menemukannya, Anda pun tetap harus berhati-hati dalam melakukan transaksi apalagi dalam jumlah yang besar.

3. Pay After

Kebanyakan toko online mewajibkan para customernya untuk membayar di muka. Tapi, ada juga yang memperbolehkan untuk membayar di belakang. Akan lebih baik jika kita berhubungan dengan toko online yang menerapkan sistem pembayaran di belakang. Dengan demikian, setelah kita menerima barang, kita cek, baru dibayar. Tapi, itu pun harus kembali ke integritas kita, jika barang sudah terima, ya harus langsung di bayar. 


Lalu, bagaimana dengan toko online yang mewajibkan Pay Before? Lobby-lah toko online tersebet untuk membayar setengah harga dulu (mungkin untuk transaksi pertama dan kedua, hingga ketiga). Tapi, jika kita sudah sering belanja di toko tersebut, tentu kita akan mengenal lebih dekat, bahkan bisa saja sampai saling bertukar contact pribadi.

4. Find The Other

Berjamurnya toko online tentu saja memunculkan banyak kompetitor antar produk atau jasa. Misalnya, yang menjual boneka minion terbaru secara online bukan hanya 1 toko saja, melainkan begitu banyak toko. Pilihlah toko yang paling sering di update informasinya, contact person nya jelas dan tentu saja bisa dihubungi, dan benar-benar telusuri situs atau websitenya (buka semua menu yang ada dalam website tersebut). pilih toko yang paling banyak penjualannya. Atau bisa juga melalui referensi dari rekan kita sendiri.

5.  COD (Cost of Delivery)
COD secara harafiah berarti biaya pengiriman. Namun, istilah tersebut lebih nge-trend sebagai pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli. Ini sangatlah menguntungkan bagi kita sebagai pembeli dari sisi keamannya. Kita dapat memesannya secara online, namun proses transaksinya dilakukan lewat kopi darat. Hal ini tentu sangat menghindarkan kita dari penipuan. Oleh sebab itu, pilihlah toko online yang berada di sekitar daerahmu. 

Jika, dalam satu kota si penjual sulit untuk melakukan COD padahal kita telah menyatakan terserah dia tempatnya, maka harus berhati-hati dengan penjual tersebut.

 
6. Take a Risk
5 tips di atas memang bisa kita aplikasikan secara nyata. Namun, tips tersebut juga tidak terlalu sempurna untuk mengamankan transaksi Anda secara online. Jika Anda benar-benar (istilah kasarnya: kebelet, red) sangat menginginkan produk atau jasa tersebut, maka bersiaplah terhadap segala resiko yang dihadapi. Tapi, ketika produk tersebut bisa ditemukan secara langsung tanpa harus membeli secara online, Anda harus berpikir dua kali untuk melakukan transaksi secara online.

Be careful and be smart online buyer.

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi