Cara Menjadikan Website/Blog Berkualitas Tanpa SEO

Sering kali para blogger salah mindset tentang kaidah seo friendly. Masalahnya, para blogger justru cenderung hanya mementingkan kaidah ini dari segi tampilan, dan fokus pada bagaimana menjadi blog di halaman pertama google dari segi teknisnya saja. Mereka melupakan para pembaca dan pengunjung yang sebenarnya harusnya menjadi target dan fokus utama para blogger. Namun, nyatanya banyak yang hanya fokus pada bagaimana mendapatkan page rank yang bagus dari google. Padahal, google sendiri memetakan blog-blog yang bagus berdasarkan pembaca dan pengunjung blog tersebut.
Kebanyakan blog melupakan kenyamanan yang harusnya bisa mereka jamin jika tujuan mereka adalah page rank. Sebab, jika pembaca sudah merasa nyaman pada suatu blog, mereka akan kembali lagi pada blog tersebut. Tidak peduli seberapa banyak keyword density yang ada pada artikel anda, atau seberapa panjang domain website atau blog anda—kalau pembaca atau pengunjung memang sudah klop dengan website atau blog anda maka mereka pasti kembali lagi. Terlebih, kalau mereka membutuhkan informasi yang ada di blog atau website anda, mereka tidak akan keberatan hanya untuk menemukan blog atau website anda di mesin pencari lagi atau metani alamat blog anda di history browser mereka.
Jadi, yang paling penting jika anda ingin blog atau website anda terletak di halaman satu google adalah LUPAKAN SEO! Menulislah dengan sepenuh hati dan nurani anda, niatkan dengan tulus ikhlas untuk memberikan informasi dan manfaat pada pembaca anda. Hal ini disebut human friendly, tulisan yang mengandung banyak garis miring atau underline akan membuat pembaca bingung, bahkan kalau mereka tahu tentang seo, bisa jadi mereka akan malas untuk membaca lebih lanjut isi blog anda.
Sebentar, perlu saya luruskan dulu, meski saya bilang lupakan kaidah seo tapi bukan berarti anda melupakan bagaimana posting di blog dengan baik untuk membuat nyaman pembaca anda lho ya? Kalau paragraf-paragraf dalam tulisan anda kacau balau, tulisannya terlalu kecil, atau kurang enak dan nyaman dilihat pembaca dan pengunjung web, maka ya percuma saja sih. Gunakan seo saat anda mem-posting—apapun itu—di blog atau website anda. Sebab, kenyamanan saat membaca juga tidak kalah pentingnya. Jadi, ketika menulis lupakan seo atau apapun itu, fokus saja pada tulisan anda supaya enak dibaca dan bisa menginspirasi pembaca. Tapi, ketika publishing, baru gunakan seo optimization supaya pembaca betah dengan suasana website atau blog anda.
Setiap search engine memiliki logaritma atau aturan dasar-nya masing-masing dalam memetakan page rank blog-blog yang ada. Dan hal itu akan diubah dan disesuaikan secara berkala seiring dengan berkembangnya dunia blogging karena faktor-faktor yang menentukan ranking sebuah blog atau website dapat berubah. Google tentunya juga menerapkan hal ini, human friendly sebenarnya lebih diutamakan oleh Google sendiri. Sebab, adanya Google juga untuk para pembaca internet. Kalau para blogger hanya tertuju pada mesin pencarinya saja, bagaimana pembaca bisa balik lagi ke blog mereka. Jadi jangan terlalu memfokuskan tulisan pada seo friendly semata, sebaliknya berilah perhatian lebih pada pembaca situs anda.

Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Kalau anda mendengar kata ‘online shop’ apa yang ada di pikiran anda? Pasti tidak jauh-jauh dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dsb. Sebenarnya online shop tidak hanya bisa dilakukan melalui toko online semacam tokopedia, bukalapak, dsb., namun bisa juga dilakukan melalui media sendiri. Tanpa perlu banyak modal lagi.

Bisnis online apakah yang sedang saya bicarakan disini? Yang sedang saya bicarakan ini tidak jauh-jauh dari online shop sebenarnya, hanya saja anda tidak perlu repot-repot membuat toko online.

Untuk lebih ringkasnya, berikut beberapa ide bisnis online yang dapat anda jalankan tanpa modal dan toko online.

1. Baju wanita 

 

Usaha online baju wanita sangat menguntungkan sebab anda sendiri tahu bagaimana sifat wanita bukan? Suka berbelanja!

Yang perlu anda perhatikan lagi, para wanita tidak hanya berbelanja sekali kemudian puas begitu saja. Jika ada produk baru lagi yang memikat hati mereka, maka pasti mereka akan memburu produk tersebut lagi. Apalagi kalau ada tren terbaru, mereka pasti akan langsung order tuh. Tak akan ada kata ‘keberatan’ bagi para wanita untuk berbelanja apalagi kalau menyangkut masalah penampilan.

2. Peralatan kecantikan


Seperti yang telah saya katakan tadi, wanita sangat sensitif kalau sudah menyangkut masalah penampilan. Maka anda bisa mengambil peluang dengan menyediakan kebutuhan mereka tersebut, salah satu diantaranya yaitu peralatan kecantikan. Bisa parfum, krim pemutih, maskara, eyeliner, obat pelangsing, peninggi badan dsb.

3. Obat-obatan herbal


Pernahkah anda melirik ke ide yang satu ini? Peluangnya sangat bagus loh.  Lebih dari sekedar memenuhi target penampilan, kesehatan menjadi sesuatu hal yang lebih diutamakan bahkan wajib. Buat apa cantik kalau sakit?

Orang yang sedang sakit pasti akan ke dokter, namun tak jarang pengobatan herbal lebih direkomendasikan sebab bahannya yang alami, tanpa bahan kimia. Sehingga kualitasnya juga lebih dipercaya.

4. Peralatan elektronik


Sekarang, online shop yang masih booming selain pakaian adalah barang-barang elektronik. Ambil saja peluang ini, anda bisa mengambil ide yang lebih spesifik misalnya modem, tv, hardware, komputer, laptop & notebook atau smartphone.

5. Aspek Hobi


Seperti yang anda ketahui, yang namanya hobi tidak bisa dilarang (kecuali kalau hobinya memang tidak baik), tapi kalau sudah hobi ya pasti bakal tetap dilakukan. Seperti kalau seseorang hobi menjahit, maka dia membutuhkan mesin jahit untuk memenuhi hobinya.

Ide sudah anda kantongi, maka bagaimana sekarang anda menjalankan bisnis anda? Tak perlu repot-repot lagi, promosikan saja produk anda di blog pribadi milik anda. Selain meningkatkan traffic blog anda, maka anda juga bisa menjalankan usaha online tanpa modal.

Tapi saran saya, khususkan jangan lebih dari 1 produk tiap blognya. Kenapa? Supaya lebih spesifik dan professional, sehingga target anda jadi terbidik dengan tepat.

4 Langkah Preventif Supaya Akun Tidak Dibanned oleh Google Adsense

Memang benar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan ini berlaku juga untuk Adsense, sebab tidak ada cara untuk mengobati jika akun ada sudah dibanned Google^^. Bayangkan kalau anda sudah bisa mencetak penghasilan dari akun anda, kemudian karena beberapa alasan, akun anda dibanned oleh Google. Waahh.. sakitnya tuh disini :D.

Berikut saya buka rahasianya agar anda terhindar dari banned akun oleh Google,


Lakukan evaluasi manual pada setiap situs sebelum menempatkan kode iklan di laman tersebut

 

Anda harus ekstra hati-hati supaya Google tidak punya alasan untuk mem-banned akun anda. Anda dituntut untuk selalu bersikap cermat dan teliti pada setiap situs yang anda pasangi iklan dari Adsense. Tidak sedikit publisher yang tidak tahu kenapa akunnya dibanned. Hal ini bisa terjadi sebab mereka jarang melakukan pengecekan berkala pada situsnya, padahal Google menuntut agar situs selalu bersih dari segala hal yang dilarang dalam kebijakannya. 

Tinjau lama secara proaktif dengan tampilan laman yang tinggi minimal sekali seminggu

 

Tujuannya sama dengan poin sebelumnya, supaya situs tetap bersih dari hal-hal yang dilarang oleh Google. Bagaimanapun, sebenarnya setiap perusahaan yang berkualitas—apalagi level internasional seperti Google—sangat menghargai usaha yang dilakukan setiap orang atau kelompok—siapapun itu— yang bekerja sama dengan mereka.

Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pada brand mereka, karena kepercayaan merupakan kunci utama dalam bisnis bukan? 


Pasang filter kata kunci untuk konten tertentu

 

Konten yang perlu anda pasangi filter diantaranya konten khusus dewasa, peretasan, perjudian, dsb khususnya pada konten buatan anda sendiri. 

Tambahkan “laporan pelanggaran” pada semua konten buatan anda

 

Pasti anda sering melihat di blog atau situs web sering kali ditambahkan fitur ini, ya untuk inilah ditambahkan fitur tersebut.

Masih ada tips-tips lain untuk mencegah agar akun anda tidak dibanned oleh Google, namun itulah yang wajib anda ketahui. Jangan sampai setelah anda melakukan perjuangan untuk masuk dan bisa bekerja sama dengan Google Adsense kemudian usaha anda menjadi sia-sia sebab akun anda dibanned. Saya yakin, ketika anda sudah merasakan sensasinya bekerja sama dengan Adsense, kemudian anda dipaksa keluar dari ekstensi Adword tersebut, pasti anda merasakan dunia anda runtuh. Berderai air mata-pun sudah tak ada gunanya. Karena itu, penting untuk anda cermati hal-hal yang sudah diterangkan di atas, tapi tetap tak akan ada gunanya jika hanya anda baca tanpa anda realisasikan, hanya membuang-buang waktu anda.

Terakhir, pesan saya, jangan coba-coba bertindak curang, mencurangi Google berarti anda bersiap untuk dikeluarkan dari industrinya. Google tahu dari mana asal negara seseorang yang mengunjungi situs anda, karena itulah Google bisa menempatkan iklan yang relevan. Sebab Google mempunyai teknologi pengenalan konten canggih yang sangat cerdas, sehingga tidak mungkin anda bisa membohonginya. Kejujuran akan membawa anda pada kesuksesan, percayalah!

Cara Menghasilkan Banyak Dollar lewat Amazon

Kenapa Amazon? Karena Amazon adalah gudang uang (kalau anda bisa memanfaatkannya dengan benar) yang bisa mendatangkan kekayaan buat anda. Di Amazon, ada banyak produk yang bisa diper- jual-belikan oleh siapa saja dan pada siapa saja.

Apa saja kelebihan Amazon?

  • Amazon banyak dikenal orang, rangkingnya pun tinggi. Tak ada lagi yang meragukan Amazon yang merupakan salah satu pelopor perdagangan online.
  • Kebanyakan orang datang datang ke Amazon untuk membeli keperluan mereka. 
  • Ada banyak produk yang bisa dipromosikan. 
  • Persaingan rendah sehingga peluang anda masih sangat besar untuk bergabung di situs ini. Karena produk yang ditawarkan sangat banyak, sehingga persaingan dalam menjual produk jadi rendah.
  • Informasi lengkap karena setiap produk dilengkapi dengan informasi yang komplit. Sehingga akan memudahkan anda untuk memasarkannya.
Lalu bagaimana caranya kaya dari Amazon? Jawabannya adalah dengan menjadi affiliate bagi produk-produk disana. Kemudian, bagaimana caranya menjadi affiliate di Amazon?

Untuk menjadi affiliate di Amazon tentunya harus mendaftar dulu ya, buka https://affiliate-program.amazon.com/ kemudian klik ‘join now for free’ seperti berikut,
 

Kemudian isi alamat email anda dan klik tombol sign in


Selanjutnya, masukkan nama serta password anda lalu klik continue


Step berikutnya, masukkan alamat untuk pembayaran komisi anda

Masih belum selesai, anda harus mengisi profile website anda baru kemudian klik finish.


 Langkah terakhir, pilih pembayaran yang anda inginkan dengan mengklik specify payment method.
 Jangan lupa check juga email anda.
 

Oke, selesai^^.

Setelah mendaftar, apakah pekerjaan anda sudah selesai? Tentu belum bukan? Justru inilah saatnya anda memulai pekerjaan anda dan mulai merealisasikan tujuan anda agar menjadi nyata.

Oke, selanjutnya yang harus anda lakukan pada tahap awal adalah memilih produk yang bagus untuk anda promosikan. Bagaimana karakteristik produk yang dapat dikatakan bagus tersebut? Produk dapat dikatakan bagus tentunya jika bisa menguntungkan anda, baik secara besaran komisi yang diberikan maupun sukar mudahnya mempromosikan produk tersebut.

Setidaknya ada 3 hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan produk, yaitu:

Pastikan harga produk diatas $100. 

 

Selain karena dengan harga yang tinggi komisi anda akan tinggi pula, juga Amazon tidak memberikan komisi affiliate yang tinggi. Komisi yang anda terima dari produk fisik hanya berkisar 5% - 15% saja. Jadi, ini wajib ada dalam produk anda.

Masih berkaitan dengan hobi.


Akan lebih mudah bagi anda dalam mempromosikan suatu produk jika produk tersebut sangat erat kaitannya dengan hobi, soalnya setiap orang akan dengan senang hati memenuhi kebutuhan hobinya

Produk yang dibutuhkan atau bermanfaat dalam meyelesaikan problema di kehidupan nyata


Misalnya apa? Pembasmi hama untuk kalangan para petani, atau hubungkan dengan keperluan para wanita, misalnya alat pengering rambut dan cream pemutih wajah dsb.

Tinggal anda kreasikan sesuai dengan keinginan dan kemudahan anda dalam melakukannya saja kok, so keep creative ya!

4 Langkah Sukses Promosikan Produk Affiliasi

Bicara soal affiliasi, pasti akan lebih akrab membahas promosi soalnya ya itulah inti dari cara kerja affiliasi ini. Jadi gimana langkah-langkah menjadi seorang affiliate marketer sukses? Simak yuk tipsnya,

1. List jaringan affiliate kemudian daftar sesuai pilihan


Step yang pertama pastinya daftar dulu ya, list beberapa jaringan affiliate yang menyediakan tempat bagi affiliate marketer untuk bekerja. Berikut beberapa affiliate marketer network yang direkomendasikan dan terbukti kualitasnya:
  • Amazon — sudah bukan rahasia lagi, disana adalah dunianya para affiliate marketer dimana anda juga bisa bergabung dan ikut mencicipi dollar-dollar mengalir ke saku anda. Barang yang bisa anda promosikan berupa barang fisik saja, tapi tentu berkualitas.
  • Clickbank — sudah santer terdengar suara keberhasilan orang-orang yang terjun ke dalamnya juga, produknya berupa barang digital. 
  • Untuk penyedia lainnya bisa di Warriorplus dan JVZoo (produknya berupa internet marketing), serta Envato (produknya berhubungan dengan desain grafis)
  • Selain itu, ada juga toko online seperti Lazada, produknya bisa lihat sendiri, barag rumah tangga semua ada disana
Untuk penyedia di atas, proses bergabungnya mudah, tidak meminta persyaratan apapun. Jadi sangat recommended deh!

2. Pilih produk yang sesuai dan simpan linknya


Memilih produk affiliasi jangan hanya memperhatikan harganya yang mahal sehingga komisi anda besar, tapi lihat juga jumlah review, ratingnya dari para pembeli, dsb. Sehingga barang terjamin dan anda mudah mempromosikannya.

O, iya jangan lupa untuk pilih produk berdasarkan tema blog yang sudah anda buat. Boleh buat blog khusus untuk affiliasi tapi jangan lupa target ke pembaca, karena tanpa traffic yang bagus bagaimana mungkin produk yang anda promosikan bisa terjual apalagi laris manis?

Kemudian jangan lupa juga untuk menyimpan link affiliate anda, karena pastinya anda tidak akan berhenti hanya mempromosikan satu produk saja. Copy dan paste-kan di notepad agar mempermudah proses kerja anda.

3. Buat konten yang menarik


Karena media promosinya adalah blog atau website maka anda perlu membuat konten, bisa berbentuk artikel ataupun video. Khusus untuk jenis konten review produk berikut tipsnya:
  • Jangan berbohong, memulai sesuatu apalagi bisnis terlebih lagi di internet lebih baik untuk jujur. Karena kepercayaan orang adalah modal utama anda. Kalau ada kekurangan dari produk tersebut sampaikan juga pada reviewnya. Disini kredibilitas anda dipertanggung jawabkan.
  • Rekomendasi harus berasal dari anda sendiri, jadi gunakan sudut pandang secara pribadi, dari anda ke pembaca atau calon pembeli.
  • Usahakan hanya mereview produk yang memang berkualitas. Cari aman saja.
Ada lagi jenis konten yang readable, yaitu comparison. Artinya meng-compare atau membandingkan beberapa produk sekaligus dalam satu konten atau artikel (jika kontennya berupa artikel).

Konten tutorial juga merupakan lahan basah dimana anda bisa dengan mudah meletakkan link affiliate produk. Konten seperti ini biasanya lebih disukai pengguna internet.

Yang terakhir adalah konten yang menawarkan diskon, dimana biasanya produk tertentu menawarkan diskon menggunakan kupon tertentu sehingga harganya lebih murah.

4. Optimasi layanan yang sudah disediakan


Beberapa produk tertentu juga menyediakan layanan bagi para affiliate-nya, sehingga anda bisa langsung gunakan di blog atau website anda. Misalnya banner, optimasi penggunaan banner seperti anda memasang iklan dari Adsense.

Mempromosikan lewat blog memiliki keunggulan tersendiri daripada memasang iklan, yaitu tampilan blog akan lebih terjaga keramahan dan kerapiannya sehingga pengunjung lebih nyaman serta seperti yang sudah dikatakan tadi, komisinya jauh lebih tinggi.

Baiklah sekian dulu artikel mengenai step menjadi affiliate marketer, semoga bermanfaat ya!

Indikasi Webblog Anda Mengalami Pertumbuhan Lambat

 


Setiap webblog pasti pernah mengalami fase ini, pertumbuhannya lambat sehingga kinerjanya cenderung menurun. Bagaimana kalau hal ini terus menerus terjadi dan kita kurang peka mengetahuinya? Kok bisa? Ya, bisa saja kalau kita hanya fokus post konten atau karena terlalu sibuk dengan real life kita.

Kalau hal tersebut terjadi dalam jangka panjang, maka webblog kita pasti akan semakin ditinggalkan oleh pengunjung bahkan yang loyal sekalipun. Kita perlu mengetahui saat terjadinya situasi seperti ini supaya langsung bisa diobati dan webblog pulih kembali.

 Untuk bisa segera mengetahuinya anda harus tahu indikasi berikut ini:

1. Menurunnya interaksi pengunjung


Interaksi pengunjung ini ada beberapa macamnya, yaitu:
  • Interaksi menuju penjualan (tingkat penjualan)
  • Interaksi untuk menciptakan pelanggan
  • Interaksi ke intensitas download
  • Interaksi intensitas langganan newsletter
  • Interaksi melalui ‘contact us’
  • Interaksi klik iklan
Tergantung apa tujuan anda membuat webblog pada mulanya. Maka alarm-alarm di atas dapat menjadi reminder bagi anda. Kalau tujuan anda untuk berjualan secara online melalui website maka yang harus anda perhatikan utamanya adalah interaksi pengunjung anda pada aksi beli. Dengan begitu, anda akan tahu seberapa besar tingkat penjualan produk anda, apakah menurun, konstan, atau naik.

Begitu pula dengan interaksi lainnya. Kalau webblog anda adalah jenis webblog yang menawarkan jasa keahlian tertentu, maka tanggapan pengunjung / member anda harus menjadi perhatian utama anda.

2.Ttraffic dan peringkat menurun


Ini sudah merupakan penyakit tingkat lanjut. masalahnya sudah bisa dibilang cukup kronis hingga menyebabkan pengunjung pergi dari webblog anda.

Masalah traffic dan ranking pasti sangat berkaitan erat dengan search engine. Kalau keduanya turun, mungkin anda mengalami masalah dengan Seo. Sehingga, cobalah untuk mengevaluasi webblog anda lagi.

Jika konten terus di-update secara berkelanjutan dan konsisten, maka teorinya traffic dan ranking anda pasti naik cepat atau lambat.

Solusi yang dapat saya tawarkan adalah coba untuk membuat page baru, bidik keyword tertentu dan fokuskan lagi untuk mendapatkan pelanggan. Jangan lupa untuk mempromosikan dan membangun backlink yang berkualitas. Kalau semua itu sudah anda lakukan dan tidak berhasil (sedangkan biasanya berhasil—maka tidak ada masalah dengan kualitas konten). Mungkin anda harus merombak ulang semuanya, cari problemnya sampai ke tempat terdetail di webblog anda^^.

3. Tingginya bounce rate, tampilan halaman rendah dan minimnya pengunjung yang kembali


Masalahnya, tidak bisa mempertahankan pengunjung yang datang. Kendalanya dapat diatasi dengan mengevaluasi kembali spesifikasi konten dan sumber lalu lintas berasal.

Pengunjung dari media sosial memilki bounce rate yang relatif tinggi berbeda dengan rekomendasi dari resource lainnya. Misalnya, pengunjung dari webblog saingan anda merekomendasikan webblog anda. Seperti inilah bounce rate yang bernilai rendah.

4. traffic pengunjung hanya dari satu sumber


Tentu hal ini sebisa mungkin dihindari sebab sangat berisiko tinggi mendapat penalty. Karena itulah, keberagaman sumber traffic sangat membantu kelangsungan webblog anda. Meski tidak ada aturan baku dalam blogging, namun saya yakin para blogger dan praktisi seo tahu betul keamanan dari penalty search engine sangat diutamakan.

Kalau kebanyakan lalu lintas pengunjung anda datang dari google, ini tidak akan terlalu bermasalah. Mengingat sebagian banyak pengguna menggunakan google dalam pencariannya. Namun, sebaiknya tetap miliki pengunjung dari sumber lain seperi Yahoo, Ask, Msn dsb.

5. Rendahnya lalu lintas tanpa perantara ke webblog anda


Maksudnya, tidak ada search engine yang menjadi jembatan antara pengunjung dan webblog anda. Kalau kebanyakan pengunjung anda dapatkan hanya dari search engine, maka itu berarti umpan balik anda sangat lemah. Sehingga tidak ada pengunjung kembali atau merekomendasikan webblog anda.

6. Interaksi pengunjung tidak dihiraukan


Komentar-komentar atau tanggapan-tanggapan dari pengunjung merupakan modal kepercayaan yang harus anda jaga. Kalau anda tidak bisa membuat mereka puas dengan pertanyaan dan persoalan yang mereka ajukan, bisa jadi cepat atau lambat anda kehilangan pengunjung loyal anda.

Usahakan untuk terus menjalin komunikasi dengan mereka, sehingga mereka tidak akan merasa terabaikan oleh anda.

Sekian pelajaran kita hari ini, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga hari anda menyenangkan dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya!

SEO Bukan Cara Untuk Mendapatkan Traffic!!

Anda pasti bertanya-tanya, atau bahkan mungkin Anda akan mengatai saya gila. Tapi pada hakikatnya, itulah kebenarannya.... Seo bukan cara untuk Anda mendapatkan traffic pengunjung.

Kenapa saya berani mengatakan demikian? Sebab, sebenarnya pula konsep Seo  yang Anda pegang selama ini mungkin terbalik.

Terbalik bagaimana?

Begini, mekanisme Seo yang benar adalah...
  • Publish konten berkualitas di blog Anda
  • Promosikan konten tadi
  • Pengunjung mendatangi blog Anda
  • Tanggapan pengunjung baik
  • Mereka memberi backlink ke konten tersebut dalam bentuk share dsb.
Jadi, bukan Seo dulu baru Anda dapat pengunjung. Coba dibalik, Anda harus punya pengunjung terlebih dahulu untuk bisa masuk ke page one Google. Bagaimana? Anda setuju dengan saya sekarang?

Selain itu, sepertinya saya harus menata mindset Anda yang munkin masih berlawanan dengan apa yang akan saya katakan ini.

Ada 2 aspek kenapa sebuah blog mendapat ranking tinggi di Google atau search engine lainnya yaitu:
  • Konten di dalamnya sering nongol di blog lain atau mendapat mention dari blog lain
  • Blog tersebut mengantongi nilai kepuasan yang cukup tinggi dari visitornya.
Bukankah masuk akal kalau kita perlu visitor terlebih dahulu untuk memasuki page one google?

...dan masuk akal juga kan kenapa kita perlu membuat visitor puas ‘main’ di blog kita?

Satu lagi, mungkin kalau yang satu ini tidak berlaku maka apa yang saya katakan di atas 100% bisa salah dan tidak akan work.

Apa itu? Search engine seperti Google sangat pintar dan cukup pintar untuk mengetahui apakah visitor merasa puas ‘main’ di blog kita atau tidak.

Bagaimana caranya? Google punya kekuatan super untuk mengetahuinya. Tapi saya dan Anda tahu apa saja indikasinya, yaitu:

A. Visitor betah berlama-lama mampir ke blog kita


Saya juga sudah bilang bahwa Google punya kekuatan super untuk mengetahui, bahkan juga hal ini. Ia tahu bahwa visitor kita melakukan apa saja di blog kita. Apa yang disentuhnya, apa yang dimainkannya, apa yang dibacanya, apa yang dituliskannya. Bahkan seberapa banyak atau seberapa lama pengunjung membaca suatu konten kita.... Google tahu itu.

B. Visitor tidak kembali ke mesin pencari lagi


Logikanya, kalau sang visitor tadi sudah puas dengan konten yang disajikan di blog tertentu, maka ia tidak akan kembali untuk mencari dengan mensin pencari lagi. Kalau kita sudah menyediakan apa yang dibutuhkannya, dijamin ia tidak akan balik lagi ke mesin pencari.

Visitor tidak melakukan skimming pada artikel atau konten kita


Memang sebagian besar pengunjung  melakukan ini saat membaca suatu konten pada blog tertentu. Namun percayalah, kalau konten kita super berkualitas dan mampu menarik minat si pengunjung—ia tidak akan melakukan itu. Dengan sabar, ia akan membaca keseluruhannya tanpa meninggalkan detail sekecil apapun.

Sejauh ini jenis konten seperti itu yang saya ketahui adalah konten dengan tema :

1. Tutorial


Pengunjung akan dengan senang hati mengikuti setiap step yang kita berikan sebab mereka memang membutuhkannya. Dan mereka sangat berterima kasih sebab kita sudah menyediakan apa yang ia butuhkan. Dengan begini, kepuasan pengunjung aman berada di kantong Anda.

2. Teknik Seo


Ini konten yang paling digemari setiap blogger atau publisher, juga orang yang memiliki toko online. Tapi, tidak semua blog dengan topik teknik seo akan mendapat peringkat tinggi di search engine. Ingatlah, persaingan di dunia maya—khususnya di pencarian—sangat ketat. Semakin banyak yang memilih ini sebagai niche blognya maka persaingan dipastikan akan semakin ketat.

3. Berita dan sinopsis drama


Mungkin agak meleset dari dugaan Anda. Tapi blog yang menyediakan berita terkait artis dan dunianya, mendapatkan respon yang sangat baik bagi pengunjung. Begitu pula dengan blog yang menyediakan sinopsis drama. Postingannya begitu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya, sehingga tidak heran kalau baru sekian menit posting, komentar akan bermunculan. Bahkan mereka berlomba-lomba mendapatkan posisi pertama.

Baik, apapun keputusan Anda, semoga itu akan mendatangkan kebaikan dan keuntungan bagi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih karena telah berkunjung.