Indikasi Webblog Anda Mengalami Pertumbuhan Lambat

 


Setiap webblog pasti pernah mengalami fase ini, pertumbuhannya lambat sehingga kinerjanya cenderung menurun. Bagaimana kalau hal ini terus menerus terjadi dan kita kurang peka mengetahuinya? Kok bisa? Ya, bisa saja kalau kita hanya fokus post konten atau karena terlalu sibuk dengan real life kita.

Kalau hal tersebut terjadi dalam jangka panjang, maka webblog kita pasti akan semakin ditinggalkan oleh pengunjung bahkan yang loyal sekalipun. Kita perlu mengetahui saat terjadinya situasi seperti ini supaya langsung bisa diobati dan webblog pulih kembali.

 Untuk bisa segera mengetahuinya anda harus tahu indikasi berikut ini:

1. Menurunnya interaksi pengunjung


Interaksi pengunjung ini ada beberapa macamnya, yaitu:
  • Interaksi menuju penjualan (tingkat penjualan)
  • Interaksi untuk menciptakan pelanggan
  • Interaksi ke intensitas download
  • Interaksi intensitas langganan newsletter
  • Interaksi melalui ‘contact us’
  • Interaksi klik iklan
Tergantung apa tujuan anda membuat webblog pada mulanya. Maka alarm-alarm di atas dapat menjadi reminder bagi anda. Kalau tujuan anda untuk berjualan secara online melalui website maka yang harus anda perhatikan utamanya adalah interaksi pengunjung anda pada aksi beli. Dengan begitu, anda akan tahu seberapa besar tingkat penjualan produk anda, apakah menurun, konstan, atau naik.

Begitu pula dengan interaksi lainnya. Kalau webblog anda adalah jenis webblog yang menawarkan jasa keahlian tertentu, maka tanggapan pengunjung / member anda harus menjadi perhatian utama anda.

2.Ttraffic dan peringkat menurun


Ini sudah merupakan penyakit tingkat lanjut. masalahnya sudah bisa dibilang cukup kronis hingga menyebabkan pengunjung pergi dari webblog anda.

Masalah traffic dan ranking pasti sangat berkaitan erat dengan search engine. Kalau keduanya turun, mungkin anda mengalami masalah dengan Seo. Sehingga, cobalah untuk mengevaluasi webblog anda lagi.

Jika konten terus di-update secara berkelanjutan dan konsisten, maka teorinya traffic dan ranking anda pasti naik cepat atau lambat.

Solusi yang dapat saya tawarkan adalah coba untuk membuat page baru, bidik keyword tertentu dan fokuskan lagi untuk mendapatkan pelanggan. Jangan lupa untuk mempromosikan dan membangun backlink yang berkualitas. Kalau semua itu sudah anda lakukan dan tidak berhasil (sedangkan biasanya berhasil—maka tidak ada masalah dengan kualitas konten). Mungkin anda harus merombak ulang semuanya, cari problemnya sampai ke tempat terdetail di webblog anda^^.

3. Tingginya bounce rate, tampilan halaman rendah dan minimnya pengunjung yang kembali


Masalahnya, tidak bisa mempertahankan pengunjung yang datang. Kendalanya dapat diatasi dengan mengevaluasi kembali spesifikasi konten dan sumber lalu lintas berasal.

Pengunjung dari media sosial memilki bounce rate yang relatif tinggi berbeda dengan rekomendasi dari resource lainnya. Misalnya, pengunjung dari webblog saingan anda merekomendasikan webblog anda. Seperti inilah bounce rate yang bernilai rendah.

4. traffic pengunjung hanya dari satu sumber


Tentu hal ini sebisa mungkin dihindari sebab sangat berisiko tinggi mendapat penalty. Karena itulah, keberagaman sumber traffic sangat membantu kelangsungan webblog anda. Meski tidak ada aturan baku dalam blogging, namun saya yakin para blogger dan praktisi seo tahu betul keamanan dari penalty search engine sangat diutamakan.

Kalau kebanyakan lalu lintas pengunjung anda datang dari google, ini tidak akan terlalu bermasalah. Mengingat sebagian banyak pengguna menggunakan google dalam pencariannya. Namun, sebaiknya tetap miliki pengunjung dari sumber lain seperi Yahoo, Ask, Msn dsb.

5. Rendahnya lalu lintas tanpa perantara ke webblog anda


Maksudnya, tidak ada search engine yang menjadi jembatan antara pengunjung dan webblog anda. Kalau kebanyakan pengunjung anda dapatkan hanya dari search engine, maka itu berarti umpan balik anda sangat lemah. Sehingga tidak ada pengunjung kembali atau merekomendasikan webblog anda.

6. Interaksi pengunjung tidak dihiraukan


Komentar-komentar atau tanggapan-tanggapan dari pengunjung merupakan modal kepercayaan yang harus anda jaga. Kalau anda tidak bisa membuat mereka puas dengan pertanyaan dan persoalan yang mereka ajukan, bisa jadi cepat atau lambat anda kehilangan pengunjung loyal anda.

Usahakan untuk terus menjalin komunikasi dengan mereka, sehingga mereka tidak akan merasa terabaikan oleh anda.

Sekian pelajaran kita hari ini, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga hari anda menyenangkan dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya!

No comments:

Post a Comment