Cara Tingkatkan Penjualan Toko Online Hingga 6 Kali Lipat

Teknik yang akan saya beritahukan pada anda ini sebenarnya bukan hal yang baru. E-commerce level dunia seperti Amazon dan Zappos telah lama mempraktekkannya. Hanya saja, hanya segelintir praktisi Seo yang telah mengetahui ini, sebab mereka kritis dan mau melakukan observasi.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu anda untuk melakukan observasi yang tentu tak cukup sejam dua jam saja, cukup luangkan waktu anda lima menit saja untuk membaca artikel yang akan membuat grafik penjualan anda meningkat tajam.

Baik, mari kita mulai..

Kurangi pilihan, tingkatkan penjualan *bukan slogan

Anda mungkin tidak percaya, tapi inilah kenyataannya. Hal ini sudah diteliti oleh seorang professor dari Universitas Columbia, selain itu, inilah yang memang sudah diterapkan oleh e-commerce top dunia.

Hasil penelitian membuktikan bahwa, dengan mengurangi pilihan menjadi seperempatnya, maka tingkat penjualan naik drastis mencapai 6 kali lipat dari sebelumnya.
Kenapa bisa begitu?

Manusia diberi kemampuan untuk menganalisis, dan itulah yang dilakukan setiap orang ketika sedang melakukan transaksi pembelian. Dan kemampuan ini bukannya tidak terbatas. Ada batasnya.

Manusia mencapai suatu titik kejenuhan membeli atau kehilangan motivasi beli, dikarenakan over analisis hingga menyebabkan lumpuhnya kemampuan ini. Di saat seperti ini, kebanyakan orang akan mengalami down, menjadi tidak termotivasi lagi untuk membeli sehingga yang terjadi adalah mereka batal membeli.

Begini saja, saya punya pengalaman seperti ini, saat dihadapkan dengan pilihan yang banyak sehingga saya tidak bisa memutuskan untuk membeli yang mana, dan akhirnya yang saya lakukan adalah tidak membeli sama sekali. Bagaimana dengan anda? Saya yakin anda pasti memiliki pengalaman yang serupa dengan saya (apalagi kalau anda adalah seorang perempuan^^)

Oke, saya cukup yakin bahwa anda sudah memahami apa yang saya maksudkan. Sekarang, berapa idealnya jumlah produk yang ditampilkan?
Tidak ada patokan baku untuk hal tersebut. Namun, kita bisa menjadi follower perusahaan e-commerce dunia. Mereka menampilkan 4-6 item dalam tampilannya.

Saya punya tips lain untuk anda, silahkan simak berikut ini:

1. Buatlah navigasi untuk mempermudah calon pembeli anda


Kalau anda amati, swalayan seperti indomaret, alfamart dan masih banyak lagi lainnya *maaf sebut merk* sudah mempraktikkan hal ini.

Mereka memberikan navigasi yang bagus dalam tatanan produknya sehingga kalau kita berbelanja disana, pasti tidak bingung mau mencari suatu barang, sebab sudah dikelompokkan berdasarkan type atau tergantung kebijakan masing-masing swalayan.

Bagaimana menerapkan ini pada online shop anda?
Sama seperti pelaku pasar modern tadi, kelompokkan produk-produk anda berdasarkan tipe tertentu. Misalnya anda bergerak dalam bisnis pakaian. Maka kelompokkan berbagai produk anda dalam beberapa kategori, misalnya pakaian anak-anak, baju koko, muslimah, dsb.

2 Pajang produk terlaris & terbaru anda pada homepage


Kata ‘baru’, ‘populer’, ‘laris’, ‘diskon’, ‘murah’ dan sejenisnya merupakan jenis kata yang mampu memengaruhi otak kita dalam mengambil tindakan selanjutnya.

Dengan mengatakan laris, berarti mereka mengetahui bahwa produk tersebut mendapat ranking tertinggi dari pembeli lainnya. Sehingga hal ini akan memengaruhi mereka untuk membeli karena orang lain sudah banyak yang membelinya terlebih dulu.

Selain itu, dengan ini anda juga sudah memberikan bukti nyata pada para calon pembeli anda.

Tapi ingat, jangan pajang semuanya! Hal ini bisa memberikan efek sebaliknya, bukan membeli, mereka malah meninggalkan lapak anda (ingat teori over analisis tadi)

Sekarang, saya harap anda bisa luangkan waktu anda untuk membenahi toko online anda supaya anda bisa merasakan efeknya. Membaca saja tidak akan memberikan efek apapun untuk anda selama anda belum action. Terakhir, waktu luang tidak akan datang dengan sendirinya tanpa dibarengi niat yang kuat dan hasil ciptaan anda sendiri.

Pentingnya Memilih Nama Domain

Domain adalah masalah tersendiri yang harus anda hadapi ketika memulai bisnis online. Anda mungkin bingung mau pilih nama domain apa untuk bisnis anda nantinya. Tapi yang pasti nama domain anda harus sesuai dengan konten situs anda, supaya situs anda bisa terindeks oleh mesin pencari dengan mudah.

Lalu domain yang baik itu seperti apa? 

Tidak terlalu panjang
Kriteria domain yang baik salah satunya adalah tidak terlalu panjang, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengingatnya. Usahakan tidak lebih dari dua kata, atau akan lebih baik lagi kalau hanya satu kata saja. Nama domain yang terlalu panjang pastinya akan membuat pengunjung kesulitan mengingatnya.  Tujuan membuat domain yang singkat adalah supaya pengunjung bisa mengingat domain anda dengan sekali lihat ke address bar, sehingga kalau mereka mau datang ke website atau blog anda,  mereka tinggal mengetikkan nama domain anda ke address bar. 

Tidak menggunakan banyak karakter yang rumit

Nama domain sebaiknya dibuat dengan menggunakan huruf saja. Lagi-lagi supaya pengunjung bisa mudah mengingatnya. Bagaimana kalau menggunakan angka? Boleh saja, tapi ya itu tadi, bisa jadi pengunjung kesulitan mengingatnya, karena ada banyak angka-angka di benak mereka sedangkan angka tidak bisa dirangkai menjadi kata-kata yang memiliki makna tidak sama halnya dengan huruf.
Pengunjung pasti lebih mudah mengingat nama domain yang tersusun dari huruf menjadi kata yang memiliki suatu makna sehingga mudah tertancap di memori mereka.
Juga hindarilah menggunakan berbagai karakter atau tanda baca yang kurang diperlukan. Kalau dua kata ya biarkan itu saja, tidak perlu ditambah karakter lainnya. Karena ini akan membuat pengunjung bingung, tambah ruwet di kepala.
Tapi, jika anda tidak bisa mendapatkan domain dengan akhiran .com maka bisa dipertimbangkan menggunakan dash (-) diantara dua kata domain anda. misalnya nama-anda.com 

Pilih domain dengan akhiran .com

Kenapa harus domain dengan akhiran .com? Karena ini yang sudah populer, jadi kalau seorang pengunjung website anda sudah mengingat nama domain anda tidak akan ada faktor salah ketik di address bar lagi. Sebab, meski pengunjung sudah mengingat nama domain anda tapi kalau ia salah mengetikkannya dengan akhiran tertentu maka si pengunjung akan pergi ke website lainnya. Misalnya, domain anda blabla.info tapi karena si pengunjung hanya fokus pada nama domain anda ketika melihat di address bar, ketika ia ingin mengunjungi website anda lagi, ia salah mengetikkannya menjadi blabla.com. Konsep yang tertanam di mindset sebagian banyak orang bahwa domain itu pasti berakhiran dot com. Dot com itu lebih sakti dari pada dot-dot yang lain sebab yang paling populer ya itu.
Sekian dulu ya, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan mudah menyerah, salam sukses selalu!

Syarat dan Tips Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

 
Anda sudah kenal Google Adsense bukan? Baik, akan saya ingatkan sedikit tentang Google Adsense. Adsense adalah media follow up penayangan iklan dengan sistem bagi hasil yaitu memberi peluang bagi situs web untuk menempatkan iklan Adword dengan imbalan komisi per klik pada setiap iklan yang ditampilkan di situsnya. Bagaimana, sudah ingat? Kalau begitu, mari kita teruskan.

Bagaimana syarat dan tipsnya mendaftarkan situs ke Google adsense? Mari kita simak bersama ya!

Membuat situs dan merawatnya dengan baik


Saya yakin anda pasti sudah tahu mengenai hal ini. Bagaimana merawat situs dengan baik sehingga mendapatkan traffic yang tinggi. Jadi kita skip saja, lanjut ke step berikutnya.

Untuk mendaftar Adsensem anda harus cukup umur^^

 

Memang agak lucu kedengarannya ya, tapi maksudnya disini adalah anda harus memiliki KTP untuk bisa dikatakan cukup umur alias dianggap dewasa. Bisakah anda yang belum memiliki KTP menyiasatinya? Emm.. bisa saja sih, tapi mungkin akan muncul kendaa nantinya. Apa itu? Dengan menggunakan KTP keluarga atau orang lain. Tapi, tidak disarankan ya, sebab seperti yang saya katakan tadi, mungkin anda akan mengalami kendala yang tidak gampang dilewati.

Mengetahui dan memahami kebijakan yang dibuat Google

 

Berikut ringkasan kebijakan yang harus anda patuhi,
  •  Klik iklan.
Iklan tidak boleh diklik sendiri, meminta orang lain untuk mengklik iklan, atau membayar orang untuk klik iklan. Google menyukai orang yang jujur dan bekerja secara sportif. Percayalah kejujuran akan membawa anda pada kesuksesan yang stabi.

  • Penempatan kode.
Kode tidak boleh ditempatkan pada konten yang melanggar aturan (misal pornografi dan perjudian), kode tidak boleh dipasang melebihi 3 kode di setiap blog, kode tidak boleh ditransparan (disamakan) dengan tujuan supaya semakin banyak diklik, tidak boleh diubah dan tidak boleh ditempatkan di tempat yang tidak tepat (email, software dsb)

  • Situs.
Situs ibarat rumah atau hotel dimana anda harus membuat pengunjung nyaman berada di tempat anda. Bagaimana membuat pengunjung nyaman dan betah lama-lama di tempat anda, itulah yang menjadi prioritas utama anda. secara teknis, tentunya tempat yang rapi, bersih, nyaman dipandang dsb. Untuk memenuhi kriteria seperti itu, tentu harus menyesuaikan tata letaknya.

Iklan di situs / blog seperti halnya sebuah pajangan yang dititipkan di tempat anda. Tugas anda adalah menjaga, merawat, dan memajangnya dengan rapi dan terlihat menarik sehingga pengunjung anda tidak malu-malu ataupun sungkan untuk melihat-lihat dan menyentuhnya.
  • Umur Blog
Standar umur blog yang boleh didaftarkan di Adsense adalah minimal 6 bulan. kenapa 6 bulan? Sebab, saat itu blog sudah bisa dinilai kelayakannya, dalam waktu 6 bulan ranking blog di Alexa bisa lebih slim, trafficnya pun akan lebih tinggi. Waktu ini semacam kesempatan dimana anda harus meningkatkan kualitas blog anda. jadi, jangan terburu-buru untuk mendaftarkan blog ke Adsense jika syarat belum terpenuhi ya.

Baiklah, setelah syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, saatnya anda mendaftarkan blog ke Adsense.

Keyword / Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari di Indonesia

Niche atau yang lebih sering disebut dengan “kata kunci terpopuler” merupakan hal yang sangat dicari dan dibutuhkan oleh para blogger ataupun publisher, pokoknya para “mafia” di dunia maya deh^^. Niche yang kami share disini masih bisa digali lebih dalam lagi untuk mendapatkan mikro niche yang lebih spesifik sehingga tingkat persaingannya masih rendah.

Anda sudah penasaran kan? Oke langsung saja, inilah niche yang masih sangat potensial dan menyimpan peluang yang sangat besar,

Diet 


Kenapa diet? Bukankah kata kunci ini sudah terlalu mainstream?

Kelihatannya memang begitu, tapi setelah kami cek lagi dengan berbagai tools juga dengan riset yang memerlukan waktu tidak sedikit—ternyata niche ini masih sangat hot.

Kata kunci “diet” banyak dicari oleh para wanita, khususnya yang ingin menguruskan badan, atau menurunkan berat badan *sama saja sih, pokoknya gitu deh ya^^. Coba anda pikirkan lagi, berapa jumlah penduduk wanita di seluruh pelosok Indonesia ini? Saya tahu anda pasti nggak mau (atau malas) melakukannya, jadi kami akan melakukannya untuk anda.

Penduduk Indonesia per tahun 2010 menurut survey BPS (Badan Pusat Statistik) sebanyak 237.556.363 orang yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan. Wahh bayangkan seberapa banyaknya itu, kalau bingung hitung saja berapa digit. Kalau dibulatkan sih sekitar 237 juta orang dengan 119,5 juta adalah penduduk laki-laki dan 118 juta adalah penduduk perempuan. Mungkin anda melihatnya masih lebih banyak penduduk laki-lakinya, tapi ingat itu hanya diperoleh dari survey 5 tahun yang lalu! Jadi pastinya sekarang sudah mengalami banyak perkembangan bukan?

Meski tidak semuanya akan mencari kata kunci tentang diet, namun pastinya setiap wanita selalu ingin tampak menarik dan cantik juga slim, hehe^^. Karena itu, niche ini masih sangat panas dan patut anda pertimbangkan untuk dikembangkan  di situs baru anda.

Untuk mikro kata kuncinya anda bisa mengembangkannya seperti di bawah ini,

diet, menurunkan berat badan, diet sehat, diet langsing, cara diet, cara-cara diet, diet golongan darah, menu diet, diet mayo, tips diet, diet makan, makanan untuk diet, cara diet alami, resep diet sehat, cara cepat diet, tips menurunkan berat badan, diet untuk diabetes, obat untuk diet, buah untuk diet, kiat sukses diet, turun berat badan, diet sehat menurunkan berat badan, kalori diet, diet tanpa diet, cara-cara diet alami, diet ibu hamil, pola diet yang benar, resep masakan diet, diet jantung, diet dm, diet pisang, diet garam, diet detoks, terapi diet, diet kolesterol, diet 13 hari, catering diet, jus untuk diet, all about diet, olahraga untuk diet, diet aman dan rendah kalori, obesitas diet, dsb.

Tentu saja anda masih bisa mengembangkan niche tersebut lebih dalam dan spesifik lagi, so keep spirit ya!

Cara Sukses Menjadi Reseller Online Shop

Menjadi seorang reseller dropship atau reseller online bisa dibilang susah-susah gampang. Susahnya dimana dan gampangnya dimana?

Susahnya, ya ketika kita belum bisa mendapatkan penghasilan atau belum bisa menjual produk dari pekerjaan tersebut. Sebenarnya hal itu terjadi karena kita belum bisa memasuki zone-nya saja. Kita belum tahu rahasianya menjadi reseller online.

Kemudian, gampang. Gampangnya tentu ketika kita sudah bisa enjoy dalam menjalankan bisnis online ini. Kalau sudah begini, artinya kita sudah memasuki zona nyaman dalam berbisnis online.

Oke, kalau begitu bagaimana caranya sukses menjadi reseller online? Cara sukses menjadi reseller online sebenarnya simple saja, tinggal bagaimana kita menjalankannya saja. Kalau kita bisa menjalankannya dengan baik, maka tentunya sebanding dengan hasil yang akan kita peroleh nantinya. Simak poin-poin berikut ini ya,

Pilih brand toko online yang sudah bonafide


Semakin bagus tempat anda berjualan maka semakin mudah anda mempromosikanya juga, anda setuju bukan? Karena pelanggan pastinya lebih percaya pada toko online yang sudah terkenal. Dilihat dari fasilitas yang ditawarkan, jaminan keamanan bagi buyer, apalagi garansi tidak akan ada penipuan—pastinya toko online yang seperti ini akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para pembeli.

Pilih dan pelajari produk yang akan ditawarkan


Kelihatannya mudah dan simple, tapi merealisasikannya tidak semudah kelihatannya. Padahal, dengan mengetahui seluk-beluk produk yang akan kita tawarkan, pasti kita akan tahu keunggulan apa yang dimiliki produk tersebut dan kelemahan apa yang dimilikinya juga, sehingga pasti lebih mudah bagi kita untuk meramu resep untuk menawarkannya (memengaruhi / persuasif) pada pembeli.

Riset pasar / market online


Bukan hanya blog yang perlu riset keyword, jadi reselller online pun perlu yang namanya riset pasar. Untuk apa sih? Melakukan riset ini dengan tujuan agar kita tahu produk apa yang sedang booming, atau banyak diminati konsumen online. Dengan begitu kita tidak akan salah bidik target, sehingga pekerjaan kita jadi terfokus nantinya.

Promosi yang kreatif dan buatan sendiri


Yang namanya kreatif pastinya buatan sendiri sih, tapi masih banyak yang mendefinisikannya sebagai tulisan yang kreatif dari segi isi saja padahal hasil adopsi dari website online shop yang bersangkutan . Melakukan ini tentu ada kerugian yang harus ditanggung, misalnya berkaitan dengan search engine optimization (seo). Kalau kita promosi via blog atau website tentunya page rank blog atau website kita jadi turun, karena Google pasti akan tahu konten blog kita hasil jiplakan. Lagi pula pengunjung lebih tertarik pada sesuatu yang original dan menampilkan kreativitas.

Pengalaman adalah guru terbaik kehidupan


Belajar dari pengalaman selain tanpa biaya juga mudah diolah otak kita. Jika anda gagal, maka anda sedang berada di tengah jalan, bukan di penghujung perjalanan anda. kegagalan akan memberikan pelajaran yang amat berpengaruh bagi kesuksesan anda nantinya.

Setiap orang perlu meng-upgrade levelnya kan? Begitu juga anda, kita semua butuh itu, tapi kalau dengan kegagalan kita sudah keok mana pantas kita jadi orang sukses?

Cara Menjadikan Website/Blog Berkualitas Tanpa SEO

Sering kali para blogger salah mindset tentang kaidah seo friendly. Masalahnya, para blogger justru cenderung hanya mementingkan kaidah ini dari segi tampilan, dan fokus pada bagaimana menjadi blog di halaman pertama google dari segi teknisnya saja. Mereka melupakan para pembaca dan pengunjung yang sebenarnya harusnya menjadi target dan fokus utama para blogger. Namun, nyatanya banyak yang hanya fokus pada bagaimana mendapatkan page rank yang bagus dari google. Padahal, google sendiri memetakan blog-blog yang bagus berdasarkan pembaca dan pengunjung blog tersebut.
Kebanyakan blog melupakan kenyamanan yang harusnya bisa mereka jamin jika tujuan mereka adalah page rank. Sebab, jika pembaca sudah merasa nyaman pada suatu blog, mereka akan kembali lagi pada blog tersebut. Tidak peduli seberapa banyak keyword density yang ada pada artikel anda, atau seberapa panjang domain website atau blog anda—kalau pembaca atau pengunjung memang sudah klop dengan website atau blog anda maka mereka pasti kembali lagi. Terlebih, kalau mereka membutuhkan informasi yang ada di blog atau website anda, mereka tidak akan keberatan hanya untuk menemukan blog atau website anda di mesin pencari lagi atau metani alamat blog anda di history browser mereka.
Jadi, yang paling penting jika anda ingin blog atau website anda terletak di halaman satu google adalah LUPAKAN SEO! Menulislah dengan sepenuh hati dan nurani anda, niatkan dengan tulus ikhlas untuk memberikan informasi dan manfaat pada pembaca anda. Hal ini disebut human friendly, tulisan yang mengandung banyak garis miring atau underline akan membuat pembaca bingung, bahkan kalau mereka tahu tentang seo, bisa jadi mereka akan malas untuk membaca lebih lanjut isi blog anda.
Sebentar, perlu saya luruskan dulu, meski saya bilang lupakan kaidah seo tapi bukan berarti anda melupakan bagaimana posting di blog dengan baik untuk membuat nyaman pembaca anda lho ya? Kalau paragraf-paragraf dalam tulisan anda kacau balau, tulisannya terlalu kecil, atau kurang enak dan nyaman dilihat pembaca dan pengunjung web, maka ya percuma saja sih. Gunakan seo saat anda mem-posting—apapun itu—di blog atau website anda. Sebab, kenyamanan saat membaca juga tidak kalah pentingnya. Jadi, ketika menulis lupakan seo atau apapun itu, fokus saja pada tulisan anda supaya enak dibaca dan bisa menginspirasi pembaca. Tapi, ketika publishing, baru gunakan seo optimization supaya pembaca betah dengan suasana website atau blog anda.
Setiap search engine memiliki logaritma atau aturan dasar-nya masing-masing dalam memetakan page rank blog-blog yang ada. Dan hal itu akan diubah dan disesuaikan secara berkala seiring dengan berkembangnya dunia blogging karena faktor-faktor yang menentukan ranking sebuah blog atau website dapat berubah. Google tentunya juga menerapkan hal ini, human friendly sebenarnya lebih diutamakan oleh Google sendiri. Sebab, adanya Google juga untuk para pembaca internet. Kalau para blogger hanya tertuju pada mesin pencarinya saja, bagaimana pembaca bisa balik lagi ke blog mereka. Jadi jangan terlalu memfokuskan tulisan pada seo friendly semata, sebaliknya berilah perhatian lebih pada pembaca situs anda.

Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Kalau anda mendengar kata ‘online shop’ apa yang ada di pikiran anda? Pasti tidak jauh-jauh dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dsb. Sebenarnya online shop tidak hanya bisa dilakukan melalui toko online semacam tokopedia, bukalapak, dsb., namun bisa juga dilakukan melalui media sendiri. Tanpa perlu banyak modal lagi.

Bisnis online apakah yang sedang saya bicarakan disini? Yang sedang saya bicarakan ini tidak jauh-jauh dari online shop sebenarnya, hanya saja anda tidak perlu repot-repot membuat toko online.

Untuk lebih ringkasnya, berikut beberapa ide bisnis online yang dapat anda jalankan tanpa modal dan toko online.

1. Baju wanita 

 

Usaha online baju wanita sangat menguntungkan sebab anda sendiri tahu bagaimana sifat wanita bukan? Suka berbelanja!

Yang perlu anda perhatikan lagi, para wanita tidak hanya berbelanja sekali kemudian puas begitu saja. Jika ada produk baru lagi yang memikat hati mereka, maka pasti mereka akan memburu produk tersebut lagi. Apalagi kalau ada tren terbaru, mereka pasti akan langsung order tuh. Tak akan ada kata ‘keberatan’ bagi para wanita untuk berbelanja apalagi kalau menyangkut masalah penampilan.

2. Peralatan kecantikan


Seperti yang telah saya katakan tadi, wanita sangat sensitif kalau sudah menyangkut masalah penampilan. Maka anda bisa mengambil peluang dengan menyediakan kebutuhan mereka tersebut, salah satu diantaranya yaitu peralatan kecantikan. Bisa parfum, krim pemutih, maskara, eyeliner, obat pelangsing, peninggi badan dsb.

3. Obat-obatan herbal


Pernahkah anda melirik ke ide yang satu ini? Peluangnya sangat bagus loh.  Lebih dari sekedar memenuhi target penampilan, kesehatan menjadi sesuatu hal yang lebih diutamakan bahkan wajib. Buat apa cantik kalau sakit?

Orang yang sedang sakit pasti akan ke dokter, namun tak jarang pengobatan herbal lebih direkomendasikan sebab bahannya yang alami, tanpa bahan kimia. Sehingga kualitasnya juga lebih dipercaya.

4. Peralatan elektronik


Sekarang, online shop yang masih booming selain pakaian adalah barang-barang elektronik. Ambil saja peluang ini, anda bisa mengambil ide yang lebih spesifik misalnya modem, tv, hardware, komputer, laptop & notebook atau smartphone.

5. Aspek Hobi


Seperti yang anda ketahui, yang namanya hobi tidak bisa dilarang (kecuali kalau hobinya memang tidak baik), tapi kalau sudah hobi ya pasti bakal tetap dilakukan. Seperti kalau seseorang hobi menjahit, maka dia membutuhkan mesin jahit untuk memenuhi hobinya.

Ide sudah anda kantongi, maka bagaimana sekarang anda menjalankan bisnis anda? Tak perlu repot-repot lagi, promosikan saja produk anda di blog pribadi milik anda. Selain meningkatkan traffic blog anda, maka anda juga bisa menjalankan usaha online tanpa modal.

Tapi saran saya, khususkan jangan lebih dari 1 produk tiap blognya. Kenapa? Supaya lebih spesifik dan professional, sehingga target anda jadi terbidik dengan tepat.