Lakukan 4 Trik Super Ini Untuk Membuat Calon Pembeli Segera Melakukan Transaksi!

Bayangkan ada seorang pengunjung datang ke lapak online Anda, dan dengan beberapa sentuhan kecil Anda bisa mengubah statusnya menjadi pembeli. Kalaupun tidak jadi membeli, Anda bisa meninggalkan kesan yang dalam pada mindset pengunjung tersebut. Sehingga suatu saat, ketika ia tidak berhalangan maka lapak Anda akan menjadi tempat tujuan utamanya untuk membeli produk yang ia butuhkan.

Nah, itulah yang akan kita pelajari pada kesempatan kali ini. Hal ini sangat berkaitan erat dengan aspek psikologi manusia. Jadi, jika Anda memiliki cita-cita sebagai pedagang dan tidak suka psikologi, harap berpikir ulang sebab ini merupakan poin krusial untuk mencetak keuntungan dalam penjualan Anda kelak.

Baik, saya akan mulai membagikannya pada Anda. Silakan teruskan membaca..

1. Gunakan kata dengan kekuatan super


Untuk yang satu ini, sudah kita bahas kemarin dalam artikel lainnya. Tapi, saya akan buatkan sedikit reminder untuk Anda.

Kedengarannya aneh, kata apa yang memiliki kekuatan super *seperti Superman kah?* tentu tidak. Tapi cukup super hingga membuat calon pembeli Anda segera melakukan transaksi beli.

Beberapa kata seperti “laris”, “terbaru”, “best seller”, “limited edition”, “stok terbatas” dsb sangat memengaruhi kerja otak manusia.

Bagaimana cara memanfaatkan hal ini? Cukup tambahkan blok baru dalam lapak Anda, misalnya “produk terlaris” atau tambahka kata pengantar pada laman tampilannya seperti ini “sepeda anak yang banyak dibeli”, “tas terlaris minggu ini” dsb.

2. Glance (sekilas lihat)


Coba bayangkan, Anda melihat segerombolan domba gundul namun diantaranya terdapat satu domba yang masih memiliki bulu lebat. Dalam sekali lihat saja, perhatian Anda pasti tertuju pada domba berbulu lebat tadi bukan? Ditambah lagi, kalau domba berbulu lebat tadi berwarna merah terang, pasti perhatian Anda lebih mudah ditarik olehnya.

Manfaatkan hal ini untuk menarik perhatian calon pembeli Anda. Bagaimana caranya?

Misalnya Anda memiliki diskon akhir tahun yang akan Anda bagikan. Maka optimasikan hal tersebut dengan memberi warna yang berbeda dan font yang lebih besar pada nominal harga atau diskon yang Anda berikan.

3. Trend


Banyaknya orang yang membeli suatu produk tidak terlepas dari trend. Setiap orang umumnya pasti ingin mengikuti trend. Untuk menciptakan trend ini, dibuatlah iklan dan pemasaran yang bombastis. Hampir semua artis papan atas menggunakan produk tertentu misalnya, maka produk tersebut dipastikan akan segera jadi trend.

Bagaimana cara memanfaatkan hal ini di lapak online Anda?

Buat area khusus dimana produk terlaris Anda akan dipajang. Jadi Anda memiliki blok tambahan yaitu “produk terbaru” dan “produk terlaris”.

4. Limited Edition


Semua orang pada dasarnya (lagi) ingin statusnya diakui oleh orang lain. Oleh karena itu mereka melakukannya dengan salah satu cara yaitu membeli barang-barang bermerk, terlebih yang stoknya terbatas.

Maka manfaatkan hal tersebut untuk kepentingan penjualan toko Anda. Bagaimana mengaplikasikannya pada toko online Anda?

Mudah saja, silakan tampilkan kuota stok barang yang saat ini Anda miliki. Semakin sedikit barang dengan peminat yang banyak, maka calon pembeli pasti ingin segera memilikinya. Tapi ingat, hal itu tidak akan berlaku jika barang yang Anda tawarkan tidak memiliki kualitas yang bagus. Jangan juga berbohong dalam menampilkan kuota produk yang tersedia, sebab kredibilitas Anda sedang dipertaruhkan!

Baik, saya sudahi pelajaran pada kesempatan kali ini. Semoga Anda bisa mengaplikasikannya ke lapak online Anda. Saya doakan grafik penjualan Anda naik dan terus menunjukkan perkembangan yang baik. Sekian dan semoga sukses!

No comments:

Post a Comment